Pengembangan dan penerapan empat-tier tes untuk menilai kepersiapan guru fisika pada miskonsepsi tentang optik geometris
Peserta didik harus memiliki konsep awal seblum masuk ke
dalam kelas untuk menghindari kesalahpahaman konsep supaya tidak bertentangan.
pemahaman belajar siswa harus diidentifikasi dari yeng benar untuk menghindari miskonsepsi dalam pembelajaran.
Berikut merupakan tahapan untuk mengetahui miskonsepsi antara lain dapat menyatakan definisi yang benar,
mereproduksi bukti, memecahkan masalah, informasi yang cukup rinci.
identifikasi yang benar dari kesalahpahaman adalah penting Langkah pertama
untuk memperoleh pemahaman belajar siswa. ditemukan efektif dalam menilai
kesalahpahaman dengan menggunakan empat-tier tes pilihan ganda.
Pengembangan pengujian dan aplikasi prosedur terdiri dari
empat tahap utama. Ini adalah: wawancara, membangun dan pengadministrasian tes
terbuka, membangun dan pengadministrasian uji coba, dan mengembangkan serta
mengelola tes empat-tier (FTGOT). Kemudian tahap kedua penelitian ini, desain survei cross-sectiona dengan menggunakan
metode kualitatif dan kuantitatif.
korelasi positif antara skor yang benar yang PSPTs'
mengingat hanya tingkatan pertama dari FTGOT dan nilai kepercayaan diri mereka
untuk lapis ini ( r = . 194) dan antara skor yang benar mempertimbangkan
pertama dan ketiga tingkatan dan skor keyakinan untuk kedua orang tingkatan ( r
= . 218) ditemukan sebagai bukti untuk validitas konstruk. Positif palsu
(3,5%), negatif palsu (3,3%) dan kurangnya pengetahuan (5,1%) persentase yang
ditemukan menjadi kurang dari 10% sebagai bukti validitas isi dari nilai tes. Analisis
faktor Penjelasan dilakukan selama skor yang benar dan kesalahpahaman
menghasilkan faktor yang bermakna untuk skor yang benar sebagai bukti validitas
konstruk. Selain itu, koefisien alpha Cronbach dihitung untuk skor yang benar (
r = 0.59) dan kesalahpahaman skor ( r = 0.42) untuk menetapkan keandalan nilai
tes. Enam kesalahpahaman tentang optik geometris, diidentifikasi dan dianggap
signifikan.
Dapat disimpulkan bahwa FTGOT adalah instrumen yang valid
dan dapat diandalkan dalam menilai kesalahpahaman di optik geometris.
Comments
Post a Comment