Skip to main content

Ringkasan tentang Meningkatkan Pembelajaran Siswa pada Biologi Menggunakan Taksonomi Bloom


Pengembangan Blooming Biology Tool (BBT), merupakan intrumen dari Taksonomi Bloom, digunakan untuk meningkatan ketrampilan belajar dan metakognisi siswa pada proses  kegiatan pembelajaran serta dapat digunakan untuk membimbing dan meningkatkan pengajaran.
Penggunaan BBT untuk menmunculkan pertanyaan belajar yang lebih baik dan mengidentifikasi sendiri tingkat keterampilan yang mereka anggap bisa. BBT adalah acuan  yang berguna untuk menganalisis kecakapan siswa dan membuat tugas baru untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kriti siswa.
 Dalam pengukuran tidak hanya menghafal dan mengingat oleh siswa namun siswa harus menyelesaikan permasalahan yang ada dengan pengetahuannya. Karna menghafal dan mengingat merupakan ketrampilan kognitif tingkat rendah  (LOCT) yang memerlukan pemahaman mudah, semantara aplikasi pengetahuan dan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dengan pengetahuannya adalah ketrampilan kognitif tingkat tinggi (HOCS).
Bloom dibedakan menjadi tiga tingkatan, pada level  LOCT dan HOCS yang termasuk kedalam kategori HOCS adalah analisis, sintesis, dan evaluasi sementara pada kategori  LOCT adalah pengetahuan, pemahaman , dan aplikasi. Kegiatan Belajar Berbasis Bloom untuk Siswa dapat di menjadi bebrapa indikator yang tergabung kedalam kegiatan individu, dan kegiatan kelompok.
Subiantoro, A. W., & Fatkurohman, B.  (2009) keterampilan berpikir kritis siswa muncul pada indikator mengidentifikasi dan mendeskripsikan persoalan, menganalisis data yang relevan dengan persoalan, dan membuat gagasan/kesimpulan, masing masing dominan pada tingkat weak dan unacceptable.
Pada skala yang lebih luas, BBT dapat membantu dalam pengembangan alat penilaian biologi yang kemudian dapat digunakan untuk memeriksa tingkat tantangan akademik antara berbagai jenis ujian standar dalam ilmu kehidupan. Penggunaan BBT akan  membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih dalam tentang konsep dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi ahli biologi yang sukses.

Comments

Popular posts from this blog

ESSAY TENTANG FASILITAS BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Gambaran tentang Fasilitas Belajar Seberapa pentingnya fasilitas belajar dalam proses pembelajaran? Tidak dapat dipungkiri bahwa Sarana dan prasarana sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Untuk itu fasilitas belajar merupakan modal awal untuk mencerdaskan siswa dan sebagai pendorong motivasi dalam belajar. Menurut Popi Sopiatin (2010) Fasilitas belajar adalah merupakan sarana dan prasarana yang harus tersedia untuk melancarkan kegiatan pendidikan di sekolah. Sarana adalah semua perangkat peralatan, bahan, dan perabotan yang secara langsung digunakan untuk proses pendidikan di sekolah, meliputi gedung, ruang belajar/kelas, media belajar, meja dan kursi. Sedangkan prasarana adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, meliputi halaman sekolah, taman sekolah, dan jalan menuju ke sekolah. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar bermasud agar pengajaran kepada siswa dapatberjalan dengan lancar, teratur, ef...

ESSAY TENTANG HOTS PADA PEMBELAJARAN ABAD 21

Pembelajaran sains pada abad 21 memiliki tujuan dengan karakteristik 4C, yaitu; Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation . Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh lebih dari 250 peneliti dari 60 institusi dunia yang tergabung dalam ATC21S ( Assessment & Teaching of 21st Century Skills ) mengelompokkan kecakapan abad 21 dalam 4 kategori, salah satunya adalah berpikir kritis (ATC21S, 2013). Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam menggunakan pikiran untuk mengekplorasi ide dalam memahami suatu permasalahan, mengambil keputusan, memecahkan masalah dan dapat mengevaluasi permasalahan pada proses berpikir sebelumnya. Sumber: http://www.leutikaprio.com/produk/10043/pendidikan/18011576/implementasi_higher_order_thinking_skills_hots_dalam_penilaian_kurikulum_2013/17128867/iis_suryatini_dan_anan_baehaqi Apabila kita tinjau dari tujuan pembelajaran 4C sangat baik jika dappat dilaksanakan dalam pembe...

ESSAY TENTANG SEJAUH MANAKAH PENDIDIKAN SAINS DALAM DIRI KITA?

Bisakah Kita Merubah Konsep Sains Menjadi Pembelajaran Menyenangkan? K ebanyakan orang secara umum menganggap sains hanya mengenai ilmu-ilmu alam saja. Sains di benak pemikiran anak-anak Indonesia merupakan ilmu-ilmu alam yang hanya bisa didapatkan di lembaga instansi pendidikan atau sekolah-sekolah dan ilmu tersebut sangat sulit untuk dipahami . Jika mendengar kata “sains” satu kata ringan tetapi membuat bising bagi orang ataupun siswa yang tidak suka dengan pelajaran sains. Jika melihat dari artinya, sains sebenarnya berarti ilmu-ilmu. Akan tetapi. Terlebih lagi jika dihubungkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yang tertanam dalam benak siswa, ilmu alam merupakan ilmu kaku atau ilmu pasti yang tidak bisa dipahami banyak orang.   Sumber: themanufacturer.com Jika dihubungkan dengan tujuan pendidikan sains di Indonesia, pendidikan sains yang diajarkan di instansi pendidikan atau di sekolah bertujuan mengembangkan potensi siswa di bidang sains guna memanfaatka...