Teknologi memungkinkan pembelajaran
disesuaikan dengan pembelajar individu, Perangkat seluler semakin populer
dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian
ini tentang pembelajaran menggunakan Aplikasi seluler difokuskan
pada ponsel belajar, seperti game pembelajaran, kemudian diselaraskan
dengan mobilitas dan kemampuan menampilkan interaktif. Penelitian seblumnya
hanya mengulas pola desain / fitur dari aplikasi seluler namun tidak ada
penelitian tentang mobile learning. Untuk menerapkan kerangka kerja dalam
penelitian ini maka perlu meninjau literaturdan desain aplikasinya, dan hasil
yang dihasilkan terkait dengan pembelajaran sains.
Metode yang digunakan untuk memilih
artikel melalui Web of Science (semua database) dan database SCOPUS di ponsel belajar dan dianalisis
dengan metode analisis isi kualitatif. fitur desain yang serupa, termasuk
perancah berbasis teknologi, fungsionalitas sadar lokasi, representasi visual /
audio, alat pengetahuan konstruksi digital, mekanisme berbagi pengetahuan
digital ditawarkan pada aplikasi seluler untuk pembelajaran sains.
Desain aplikasi mobile ilmu pengetahuan
dan sekitarnya lingkungan mereka belajar yang dasar teoritis pembelajaran dari
perspektif pembelajaran, aplikasi mobile dipengaruhi oleh beberapa faktor,
yaitu pengembang aplikasi, dapat diakses public atau tidak, Konten sains, dan
Fitur desain aplikasi seluler.
Hasil belajar siswa diukur dalam
literatur pembelajaran mobile sains, pada keterampilan paling sering difokuskan
pada komponen ilmiah seperti menghasilkan hipotesis dan mengembangkan
penjelasan. Namun, Aplikasi ini mengutamakan pembelajaran individual
dibandingkan dengan pembelajaran tim.
Gambaran umum dari penelitian ini
akan menjawab dari tiga pertanyaan yang
berfokus pada desain aplikasi seluler, kerangka kerja teoretis, dan hasil
belajar siswa. Rekomendasi untuk Penelitian selanjutnya menggunakan aplikasi
seluler secara kolaborasi, teori dan hasil yang terukur untuk menilai hasil
kognitif tingkat tinggi, beban kognitif, dan keterampilan seperti pemecahan
masalah.
Agung Laksono
Mahasiswa Magister Pendidikan IPA
Universitas Jambi
Comments
Post a Comment