Latar belakang dari studi ini yaitu dapat menganalisis
permaslahan-permaslahan melalui akuisisi dan melakukan tindakan pada interaksi
guru dan siswa, melakukan analisis terhadap cara guru dalam mempelajari teks
dengan menggunakan sarana semiotik spesifik Mengeksplorasi peran perspektif
referensial dalam proses pembelajaran. Tujuan pada stadi yang dilakukan ini
untuk memahami peran interaksi anatara guru dan siswa dengan menggunakan
pendekatan sosio-budaya.
Metode yang dilakukan dalam
studi meliputi dengan mempelajari tindakan dan memunculkan gagasan teks, dengan
menggunakan perspektif referensial sebagai sarana semiotik untuk melakukan tindakan dan instruksi
pada pembelajaran, dan mendalamai refrensi lainya sebagai pembanding.
Setelah dilakuakan metode sesuai dengan tahapan yng telah du siapkan maka
memperoleh Hasil sebagai berikut yaitu: terdapat hubungan yang signifikan
antara tingkat pendidikan dan jenis instruksi (L2 = 19,804; p <0,0005),
kemudian tingkat awal siswa ada penggunaan demonstrasi yang lebih besar
daripada di tingkat lanjutan (45,1%). Hanya 14,5% dari tindakan pembelajaran di
tingkat awal siswa yang melibatkan bentuk panduan (panduan) yang lebih tidak
langsung. Serta data yang diamati pada tingkat lanjutan sangat berbeda. Lebih
dari setengah tindakan instruksional (54,9%) melibatkan pemberian dukungan dan
petunjuk untuk membantu siswa melakukan tugas (panduan: 16,7% dan indikasi:
38,2%).
Maka dapat disimpulkan bahwa Studi interaksi
guru dan siswa dalam pemahaman teks pada artikel ini sebagai berikut yaitu: penggunaan bentuk referensi oleh siswa tampaknya
berfungsi sebagai cara pengaturan diri dalam tindakan yang membutuhkan tingkat
partisipasi siswa yang lebih tinggi, kemudian penggunaan indeks ekstralinguistik
menunjukkan kompleksitas hubungan antara perspektif referensial dan tindakan, Semakin besar
pengalaman dalam kegiatan pendidikan formal dikaitkan dengan bentuk instruksi
yang ditandai dengan penurunan progresif dalam kontrol instruktur dan pengaturan
tugas, dan Lebih banyak penelitian diperlukan untuk memperdalam pemahaman
mekanisme yang menghubungkan mereka bersama.
Agung Laksono
Mahasiswa Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi
Comments
Post a Comment