Skip to main content

Kemampuan penalaran ilmiah di taman kanak-kanak: penilaian dinamis dengan CVS



Penemuan ilmiah adalah jantung dari sains dan teknologi pendidikan, yang menjadi lebih dan lebih penting dari perspektif internasional dan ekonomi, karena pembelanjaan di seluruh dunia pada pendidikan sains.
penelusuran ganda merupakan alas an ilmiah yang dapat dilihat dari tiga sisi komponen kognitif yang meliputi hipotesis, eksperimen dan evaluasi bukti. Tulisan dalam jurnal menunjukan bahwa anak-anak dapat menyelesaikan hipotesis dan mengevaluasi bukti dalam studinya namun sangat sulit dalam eksperimen hanya sebagian dari proses ekperiemen yang terselesaikan.
Kendali strategi variabl/CVS merupakan prosedural dan logis. Secara procedural merupakan metode untuk memberikan kesempatan untuk bereksperimen dan diharapakan dapat membandingkan antara eksperimen yang tidak beraturan dan membingungkan. Kemudian dari sisi logis CVS mencakup kemampuan untuk membuat kesimpulan yang tepat dari hasil dan pemahaman dari eksperimen yang membingungkan.
Eksperimen diadaptasi untuk menilai penggunaan kendali yang dinamakan CVS untuk anak-anak usia 4 hingga 6 tahun, hal tersebut anak-anak diberikan tantanagan untuk merancang eksperimen meggunakan dua hingga empat variabel independen.
Peserta Sebanyak 46 anak, kemudian pada Material meliputi Tugas tanjakan eksperimental, Prosedur, dan Pengenalan tugas ramp. Untuk menilai pengetahuan dan penggunaan CVS, kami menggunakan dua landai kayu yang mirip dengan itu digunakan dalam studi, dalam prosedur ProTugas ramp dikelola dalam satu sesi dengan durasi rata-rata sekitar 45 menit, dan memperkenalkan tugas yang ada, anak-anak diberitahu bahwa mereka akan bermain sedikit profesor untuk sementara dan melakukan beberapa eksperimen.
Hasil ini menunjukkan bahwa layak untuk mengevaluasi kemampuan taman kanak-kanak untuk membangun eksperimen yang tidak beralasan menggunakan penilaian dinamis. Ini berarti anak-anak TK dapat menggunakan CVS dan mungkin dilihat sebagai ilmuwan alam, yang akan mencoba untuk mengungkap dunia fisik di sekitar mereka.
Dapat disimpulkan bahwa penilaian dinamis saat ini penggunaan CVS oleh taman kanak-kanak adalah valid dan dapat diandalkan. Selain itu, metode ini terbukti efektif dalam mengajar anak-anak gunakan CVS.


Comments

Popular posts from this blog

ESSAY TENTANG FASILITAS BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Gambaran tentang Fasilitas Belajar Seberapa pentingnya fasilitas belajar dalam proses pembelajaran? Tidak dapat dipungkiri bahwa Sarana dan prasarana sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Untuk itu fasilitas belajar merupakan modal awal untuk mencerdaskan siswa dan sebagai pendorong motivasi dalam belajar. Menurut Popi Sopiatin (2010) Fasilitas belajar adalah merupakan sarana dan prasarana yang harus tersedia untuk melancarkan kegiatan pendidikan di sekolah. Sarana adalah semua perangkat peralatan, bahan, dan perabotan yang secara langsung digunakan untuk proses pendidikan di sekolah, meliputi gedung, ruang belajar/kelas, media belajar, meja dan kursi. Sedangkan prasarana adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, meliputi halaman sekolah, taman sekolah, dan jalan menuju ke sekolah. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar bermasud agar pengajaran kepada siswa dapatberjalan dengan lancar, teratur, ef...

ESSAY TENTANG HOTS PADA PEMBELAJARAN ABAD 21

Pembelajaran sains pada abad 21 memiliki tujuan dengan karakteristik 4C, yaitu; Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation . Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh lebih dari 250 peneliti dari 60 institusi dunia yang tergabung dalam ATC21S ( Assessment & Teaching of 21st Century Skills ) mengelompokkan kecakapan abad 21 dalam 4 kategori, salah satunya adalah berpikir kritis (ATC21S, 2013). Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam menggunakan pikiran untuk mengekplorasi ide dalam memahami suatu permasalahan, mengambil keputusan, memecahkan masalah dan dapat mengevaluasi permasalahan pada proses berpikir sebelumnya. Sumber: http://www.leutikaprio.com/produk/10043/pendidikan/18011576/implementasi_higher_order_thinking_skills_hots_dalam_penilaian_kurikulum_2013/17128867/iis_suryatini_dan_anan_baehaqi Apabila kita tinjau dari tujuan pembelajaran 4C sangat baik jika dappat dilaksanakan dalam pembe...

ESSAY TENTANG SEJAUH MANAKAH PENDIDIKAN SAINS DALAM DIRI KITA?

Bisakah Kita Merubah Konsep Sains Menjadi Pembelajaran Menyenangkan? K ebanyakan orang secara umum menganggap sains hanya mengenai ilmu-ilmu alam saja. Sains di benak pemikiran anak-anak Indonesia merupakan ilmu-ilmu alam yang hanya bisa didapatkan di lembaga instansi pendidikan atau sekolah-sekolah dan ilmu tersebut sangat sulit untuk dipahami . Jika mendengar kata “sains” satu kata ringan tetapi membuat bising bagi orang ataupun siswa yang tidak suka dengan pelajaran sains. Jika melihat dari artinya, sains sebenarnya berarti ilmu-ilmu. Akan tetapi. Terlebih lagi jika dihubungkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yang tertanam dalam benak siswa, ilmu alam merupakan ilmu kaku atau ilmu pasti yang tidak bisa dipahami banyak orang.   Sumber: themanufacturer.com Jika dihubungkan dengan tujuan pendidikan sains di Indonesia, pendidikan sains yang diajarkan di instansi pendidikan atau di sekolah bertujuan mengembangkan potensi siswa di bidang sains guna memanfaatka...